Antara Pipa HDPE dan Pipa PVC-O Mana Yang Terbaik?

Antara Pipa HDPE dan Pipa PVC-O Mana Yang Terbaik? – Permasalahan mengenai kebutuhan air bersih sudah pernah diungkapkan oleh data yang diberikan WWF. Walaupun sebagian besar wilayah di bumi adalah air. Namun faktanya 97% adalah air asin yang sama sekali tidak layak untuk orang-orang konsumsi. Hanya 3% saja dinatranya adalah air tawar yang bisa diolah untuk bisa menjadi penunjang pada kebutuhan harian manusia. Kebutuhan tersebut tentunya akan di dapat dari jaringan untuk saluran pipa yang terpadu.

Pipa HDPE Indonesia – Jumlah air tawar itu juga belum masuk dari 2/3 dalam bentuk glister serta es kutub. Tahukah Anda? Bahwa 1% dari sisa air tawar yang dapat dikonsumsi ternyata harus digunakan lebih dari 7 miliar manusia di dunia guna memenuhi kebutuhan hariannya, seperti untuk mengolah makanan, mandi, pertanian, energy, industry dll. Ini adalah survey yang dilakukan WWF pada tahun 2011.

Pipa HDPE Tidak hanya jumlah kebutuhan air yang layak konsumsi saja yang dinilai terbatas, buruknya proses pengolahan air juga bisa sangat mempengaruhi kerusakan pada kualitas air. Sehingga hal ini akan semakin memperparah kondisi krisis untuk kebutuhan air bersih. Pada tahun 2000, WHO pernah memprediksi bahwa akan ada lebih dari 2 miliar orang mengalami dampak dari kekurangan air bersih dan itu akan menyerang setidaknya 40 negara. Selain itu 1,1 miliar orang juga akan mengalami kondisi kesulitan untuk melakukan akses air bersih.

Indonesia adalah salah satu dari 40 negara yang sudah mendapatkan dampak dari akibat kekurangan air bersih. Pertumbuhan penduduknya yang sangat pesat semakin membuat kebutuhan akan air bersih menjadi semakin meningkat antara 15 sampai 35% tiap tahunnya terhitung sejak tahun 2000.

Permasalahan air bersih juga tidak hanya dirasakan oleh mereka yang tinggal di daerah saja, namun mereka yang tinggal di kota besar pun kerap kali mendapatkan permasalahan kekurangan air bersih. Sehingga kebutuhan akses air bersih menjadi hal yang dinilai sangat penting untuk dipertimbangkan.

Saat ini banyak sekali produk pipa yang di buat untuk akses saluran air. Jika membicarakan tentang produk perpipaan paling tangguh khususnya untuk penggunaan air bersih, maka karakter pada pipa HDPE kerap kali dibandingkan dengan jenis pipa PVC-O yang tidak kalah tangguh.

Pada beberapa tahun terakhir ini, pipa HDPE sudah mendapatkan nominasi sebagai bagian dari produk pipa terbaik untuk saluran air bersih dengan tekanan tinggi. Karakter pada tingkat kekuatan dan juga kelenturan yang tinggi namun dengan tingkat kerusakan sangat rendah menjadi bukti bahwa produk ini bisa sangat di unggulkan, apalagi dengan ketahanan yang bisa mencapai 50 tahun lamanya.

Namun dengan semakin berkembangnya kebutuhan dan masalah perpipaan yang semakin tangguh serta karakter yang cukup efektif dan efesien mulai muncul produk saingan yang juga dikembangkan untuk saluran air bersih. Produk ini terbuat dari bahan PVC, dengan di desain menggunakan pengembangan bahan uPVC dan dengan menggunakan metode orientasi bi-axial. Produk ini juga telah diproduksi secara longitunial atau pun radial yang akan membuat peningkatan pada kemampuan produk pipa dengan keseluruhan. Sehingga akan membuat bahan mempunyai desain stres (28 Mpa) atau 2 kali lipat dari pipa PVC konvensional lainnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir distributor pipa HDPE juga akan menyediakan jenis pipa lainnya tidak terkecuali pipa PVC-O. Sehingga Anda bisa memilih pipa sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentang Pipa PVC-O dan Kemiripan nya Dengan Pipa HDPE

Jika melihat secara umum pada karakter pipa PVC-O maka akan sangat bertola belakang atau berlawanan dengan jenis produk pipa PVC lainnya yang sudah Anda kenal. Kekuatan serta tingkat kelenturan yang tinggi dan tingkat keretakan sangat rendah membuat pipa jenis PVC-O tidak mudah mengalami kerusakan. Bahkan pasalnya jika pipa ini terlindas oleh kendaraan berat juga tidak akan rusak. Walaupun akan meruba bentuknya namun tidak akan terjadi kebocoran pada bagian pipanya.

Proses produksi pada pipa PVC-O juga tidak menggunakan material mercury serta cadmium. Sehingga bisa dibilang produk ini sudah sepenuhnya dinilai sangat aman digunakan untuk pipa saluran air bersih dengan standar food grade. Apalagi ditambah dengan sistem penyambungan secara rubbering joint yang memang sepenuhnya dinilai sangat aman untuk digunakan pada saluran air bersih. Kesamaan antara karakter pipa HDPE juga membuat produk yang mempunyai bahan PVC-O cukup direkomendasikan untuk berbagai macam kebutuhanan seperti saluran irigasi dan yang lainnya.

Suplier pipa HDPE biasanya akan memberikan pilihan mana yang konsumen sukai, dengan memberikan rincian nya di dalam katalog pipa atau saat Anda sekedar bertanya, pastikan bahwa supplier bisa menggambarkan kedua jenis pipa dengan baik agar Anda tidak salah memilih pipa.

Distributor Pipa HDPE  Pipa PVC-O dan Pipa HDPE sama-sama bisa digunakan untuk kebutuhan air bersih. Namun ada juga kegunaan yang tidak bisa dilakukan oleh pipa HDPE, seperti untuk saluran limbah sampai saluran pembuangan. Ini disebabkan karena adanya sisa sambungan dalam pipa HDPE yang akan membuat bagian tersebut rawan mengalami penyumbatan karena adanya penumpukan limbah kotoran.

HDPE lebih Tebal dan PVC-O Lebih Tipis

Supplier Pipa HDPE HDPE dan PVC-O memiliki keunggulan nya masing-masing. Jadi jika ada yang mengklaim bahwa HDPE yang terbaik atau PVC-O yang terbaik itu sah-sah saja dan tidak membuat Anda rugi. Yang akan membuat Anda rugi adalah kesalahan saat memilih kualitas pipa berbahan dasar asli dan palsu atau kesalahan saat memilih diameter pipa yang harus digunakan. Karena jika kesalahan tersebut terjadi pada Anda, maka Anda akan rugi 2 kali. Anda harus membeli kembali pipa yang sesuai dengan kebutuhan.

Jual Mesin Las HDPE Jika ingin membandingkan pada tingkat ketebalan antara HDPE dan PVC-O, maka HDPE akan lebih tebal dan PVC-O akan lebih tipis. Perbandingan pada pipa PVC-O bisa Anda lakukan dengan standard pada jenis tekanannya yang sama. Walaupun kualitas pada kekuatan pipa PVC-O dan HDPE keduanya juga tidak bisa Anda pandang sebelah mata.

Pipa PVC-O dengan keluaran terbaru akan didesain khusus dengan tingkat kekuatan serta kelenturan yang sangat baik. Nah, jika Anda ingin memilih pipa HDPE yang juga punya kelenturan dan mudah dibentuk Anda bisa bisa memilih pipa jenis roll nya. Jadi, kedua pipa memang mempunyai keistimewaan nya masing-masing. Jika PVC-O sudah lentur karena proses pembuatannya makan HDPE memberikan 2 jenis pilihan ingin yang tidak lentur atau yang lentur. Jika ingin yang lentur, pipa roll HDPE menjadi pilihan paling tepat.

Harga Pipa HDPE Kegunaan pipa untuk akses air bersih menjadi semakin dibutuhkan, di desa atau pun di kota pipa menjadi kebutuhan utama untuk menyalurkan air bersih agar bisa digunakan selayak mungkin tanpa harus mengurangi kualitas airnya. Pilihlah pipa terbaik sesuai dengan permasalahan saluran Anda, hati-hati salah memilih pipa. Karena tidak sedikit penjual pipa nakal yang selalu memalsukan pipa yang dijualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caca Blog © 2018 Frontier Theme