Analisis Ekonomi Perkembangan Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Indonesia

Posted on

Industri tekstil serta product tekstil (TPT) memiliki peranan perlu didalam perekonomian Indonesia. Tetapi dalam lima th. paling akhir, dengan nasional pangsa industri ini pada GDP alami penurunan, sesaat persaingan perebutan TPT di pasar dunia relatif makin ketat. Riset ini mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi tempat serta daya saing export TPT Indonesia di pasar dunia, mengkaji perubahan industri TPT Indonesia serta beberapa aspek yang memengaruhinya, serta mengkaji prospek perubahan industri TPT Indonesia serta pasar TPT dunia.

Cara analisa yang dipakai yaitu CMS, 2SLS, serta simulasi kebijakan ekonomi serta non ekonomi. Keseluruhannya, walau laju export TPT Indonesia relatif bertambah dari th. ke th., tetapi tempat daya saing TPT Indonesia di pasar TPT dunia masih tetap dibawah China, India, serta Italia. Selain itu produksi tekstil serta garmen domestik di pengaruhi oleh harga riil kapas dunia serta gaji riil tenaga kerja TPT. Export tekstil Indonesia di pengaruhi oleh produksi tekstil domestik.

Sedang export garmen Indonesia di pengaruhi oleh rasio harga riil tekstil dunia dengan harga riil garmen domestik th. terlebih dulu. Prospek industri TPT Indonesia begitu bergantung pada ketersediaan bahan baku berbentuk kapas serta perkembangan ekonomi dunia biasanya.

Artikel Terkait:  Paket yang dikirimkan lewat JNE diterima orang lain?